Tugas UAS, ARS 103 Manajemen Pemasaran RS, Dosen Erlina Puspitaloka Mahadewi, Hasyim Ahmad (Edward Dian Suwito), 20180309112, Paska Sarjana MARS, Angkatan 7 (Kelas A) Universitas Esa Unggul, 2019
1. LATAR
BELAKANG DAN IDENTIFIKASI MASALAH
a.
Perbedaan
pandangan tiap konsumen yang mungkin terjadi dalam suatu interval waktu yang
akan datang karena persepsi subjektif konsumen.
b.
Fluktuasi
pandangan dalam waktu yang akan datang dapat berakibat pada pengambilan
keputusan dan perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh hal subjektif (perasaan)
dan bukan hanya hal objektif.
2. MANFAAT
PENELITIAN
a.
Untuk
menguji faktor potensial yang penting dan pengaruh yang lazim akibat persepsi
atau pandangan kedepan konsumen.
b.
Untuk
menguji apakah persepsi karena waktu kedepan dipengaruhi oleh ekspektasi dari
interval waktu kedepan yang diakhiri dengan kepuasaan dan keuntungan atau
ketidakpuasan dan kerugian.
3. TEORI
DAN KONSEP YANG DIADOPSI
o
(Loewenstein,
Read, and Baumeister, 2003)
“Fluktuasi persepsi/ pandangan
yang terjadi di waktu yang akan datang dapat berakibat pada pengambilan
keputusan dan perilakku konsumen”.
o
(Faro,
Leclerc, & Hastie, 2005)
“Persepsi atau pandangan dalam
waktu yang akan datang dan pengaruhnya pada pengambilan keputusan , hanya
menarik kepentingan subjektif dalam penelitian”.
o
(Balcetic
& Dunning, 2006)
“Banyak sekali jalan bahwa
motivasi dapat memutarbalikkan persepsi dan alasan, hasil dokumentasi
mengungkapkan bahwa motivasi memungkinkan orang-orang secara harfiah melihat
apa yang mereka ingin lihat”.
4. HIPOTESIS
PENELITIAN
- H2a (Pemikiran Harapan) : Konsumen mendapat keuntungan daripada kerugian, pada akhir interval yang akan datang dalam interval yang pendek, memimpin mereka untuk mengantisipasi konsumsi yang sedikit untuk interval dan tingkat diskon dalam interval
- H2b (Pemikiran Kerugian) : Konsumen mendapat kerugian daripada keuntungan, pada akhir interval yang akan datang dalam interval yang pendek, memimpin mereka untuk mengantisipasi konsumsi yang sedikit untuk interval dan tingkat diskon dalam interval
5. KERANGKA PENELITIAN
6.HASIL
PENELITIAN
- Kerugian tampak lebih dekat daripada keuntungan, dengan kemungkinan konsumen menemukan posisi mereka yang kurang menguntungkan dari tidak hanya menyesali munculnya kerugian tetapi juga merasakan hal itu terjadi segera.
- Sudut pandang positive : melihat munculnya sebuah kerugian adalah hal yang dekat yang mungkin mengurangi kesabaran, menurunkan penundaan dan mengontrol diri lebih awal. Kesenjangan antara keuntungan dan kerugian dalam persepsi waktu bahkan mungkin adaptif/ menyesuaikan.
- Persepsi untung dan rugi dapat mempengaruhi persepsi waktu. Perkiraan harapan akan menampilkan keuntungan lebih dekat daripada kerugian, dan perkiraan kerugian akan menampilkan kerugian lebih dekat daripada keuntungan.
- Konsumen menggunakan langkah-langkah dependen (tergantung) yang penting secara manajerial dan skala respon yang berbeda
7.IDENTIFIKASI
BATASAN PENELITIAN
- Kata Kunci : Keengganan kerugian sementara, persepsi pada waktu yang akan datang, antar rentang kelalaian, rencana konsumen
- Ruang
lingkup 109 responden under graduate,
yang berpartisipasi untuk kelas kredit/piutang saat keadaan untung atau rugi
- 5
kali eksperimen yang berbeda
8.REKOMENDASI
PENELITIAN SELANJUTNYA
- Mengeksplor persepsi waktu yang akan datang pada umumnya dan keengganan kerugian sementara dalam satuan yang lebih spesifik untuk menjelaskan pada psikologi waktu dan pada jumlah besar pada penentuan keputusan konsumen meliputi waktu yang akan datang
Komentar
Posting Komentar